Tentang Fakultas

Sebagai salah satu fakultas tertua yang ada di Universitas Kristen Indonesia, Fakultas Sastra (FS) telah mampu melahirkan sarjana-sarjana yang berkualitas dalam bidang bahasa dan sastra Inggris. Tuntutan zaman, khususnya pasar kerja yang begitu kompetitif, telah memaksa Fakultas Sastra UKI untuk terus memperbaiki diri dalam menggembleng mahasiswanya sehingga diharapkan para alumninya terus dapat bersaing dalam ketatnya kompetisi kerja dewasa ini. Perbaikan itu tidak hanya dalam bidang pengajaran seperti kurikulum dan penyediaan dosen-dosen yang berkualitas, tetapi juga dalam pendewasaan mental mahasiswa, sehingga selama belajar di FS UKI, para mahasiswa dapat menjadi kreatif dan mandiri.

FS UKI juga terus memperbaiki kurikulumnya sesuai dengan kondisi zaman guna memenuhi apa yang diinginkan oleh pasar kerja. Karena alasan ini maka FS UKI memberikan penekanan yang lebih pada matakuliah-matakuliah tertentu, dan salah satunya adalah matakuliah bidang penerjemahan. FS UKI selalu berusaha secara maksimal untuk terus memakai kurikulum yang up to date dengan dukungan staf pengajar yang mempunyai kompetensi yang tinggi dalam bidang penerjemahan. Hasilnya adalah sarjana-sarjana lulusan FS UKI yang mahir dalam bidang penerjemahan dan mampu memenuhi permintaan pasar kerja dalam bidang penerjemahan. Tidak hanya itu, para lulusan FS UKI juga fasih berbicara dan menulis dalam bahasa Inggris sehingga banyak sarjana lulusan FS UKI yang langsung dapat bekerja karena kualifikasi yang mereka miliki.

Para mahasiswa FS UKI juga mendapat perhatian dan pelayanan yang baik sesuai dengan motto UKI, Melayani Bukan Dilayani. Sebagai konsekuensi akan hal itu, FS UKI memberi wadah bagi para mahasiswanya untuk terus berlatih dan menempa diri pada bidang-bidang yang mereka minati, sebagai bekal setelah mereka lulus. Kegiatan mahasiswa dalam bidang nalar merupakan prioritas FS UKI. Berbekal kemampuan berbahasa Inggris yang baik dan pengalaman berorganisasi Lulusan FS UKI siap mengisi dan bersaing di pasar kerja.

FS UKI memiliki Program Studi (S-1) Sastra Inggris dan Diploma III Bahasa Inggris. Program ini memiliki dua konsentrasi peminatan yaitu linguistik dengan penekanan pada penerjemahan serta sastra Inggris. Mahasiswa yang belajar di FS UKI dipersiapkan tidak hanya belajar untuk memperoleh ilmu pengetahuan (knowledge) melalui kuliah tetapi juga belajar ketrampilan lain, antara lain pengetahuan komputer, kemampuan berorganisasi dan language skill. Hal ini penting sehingga mahasiswa mendapatkan nilai plus setelah lulus dari FS UKI. FS UKI juga diasuh oleh dosen-dosen berpengalaman dengan pendidikan dari dalam dan luar negeri.